Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Aplikasi Pembelajaran Contextual

Aplikasi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Terhadap Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Batu Malang


ABSTRAK

Qiftiyah, Ni’matul. 2006. Aplikasi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Terhadap Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Batu Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Malang. Pembimbing : Dra. Hj. Sulalah, M.Ag

Pendidikan Agama Islam di sekolah, dalam pelaksanaannya masih menunjukkan berbagai permasalahan, seperti halnya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah saat ini masih sebatas sebagai proses penyampaian ”pengetahuan tentang Agama Islam.” Mayoritas metode Pembelajaran Agama Islam yang selama ini lebih ditekankan pada hafalan, akibatnya siswa kurang memahami kegunaan dan manfaat dari apa yang telah dipelajari dalam materi PAI yang menyebabkan tidak adanya motivasi siswa untuk belajar materi PAI. Melihat kenyataan yang ada dilapangan, sebagian besar teknik dan suasana pengajaran disekolah-sekolah yang digunakan para guru kita cenderung monoton dan membosankan, sehingga menurunkan Prestasi belajar siswa. Untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut perlu diterapkan suatu cara alternatif mempelajari PAI yang kondusif dengan suasana yang cenderung rekreatif sehingga memotivasi siswa untuk mengembangkan potensi kreativitasnya. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan aplikasi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Dengan penggunaan CTL ini diharapkan agar materi pelajaran PAI dapat mudah dipahami dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Berangkat dari permasalahan di atas maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu apakah aplikasi Pembelajaran CTL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap PAI di SMP Negeri 4 Batu Malang?
Penelitian ini dilaksanakan di kota Malang, tepatnya di SMP Negeri 4 Batu Malang. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1. Observasi, 2. wawancara, dan 3. Dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan kemudian dianalisis. Data bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa aplikasi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap PAI di SMP Negeri 4 Batu Malang. Hal ini dapat dilihat dari bagaimanamasing-masing komponen dan aspek pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diterapkan didalam kelas yang menunjukkan bahwa semua aspek komponen sudah diterapkan dengan baik dimana aspek-aspek yang diterapkan meliputi konstruktivisme, bertanya, menemukan, pemodelan, masyarakat belajar, refleksi, dan aspek penilaian sebenarnya.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan bagi beberapa pihak, antara lain bagi guru, pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) perlu diterapkan pada bidang studi PAI, agar guru senantiasa melakukan upaya-upaya perbaikan dalam tindakan pengajarannya guna meningkatkan prestasi belajar siswa.

0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates