Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Pengembangan Metode Pembelajaran

Pengembangan Metode Pembelajaran Aqidah-Akhlaq (Studi tentang Aplikasi Quantum Teaching di MTs

ABSTRAK
Rofiah,Wilis.2006. Pengembangan Metode Pembelajaran Aqidah-Akhlaq (Studi tentang Aplikasi Quantum Teaching di MTs Negeri Mojorejo-Wates). Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing: Triyo Supriyatna M.Ag.
Kata kunci: Quantum Teaching, Pembelajaran Aqidah-Akhlaq

Penguasaan terhadap metode pembelajaran merupakan salah satu persyaratan bagi seorang tenaga pendidik yang profesional. Metode pengajaran Quantum Teaching tampak lebih komprehensif dibandingkan dengan metode sebelumnya. Dengan kata lain bahwa metode Quantum Teaching mengandung berbagai macam metode yang diolah menjadi satu yang semua saling bersinergi. Quantum Teaching menggubah bermacam-macam interaksi yang ada didalam dan sekitar momen belajar. Interaksi ini mencakup unsur-unsur belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa. Bagi guru-guru Aqidah-Akhlaq di MTs Negeri Mojorejo, penguasaan terhadap metode Quantum Teaching sangatlah diperlukan guna memperbaiki dan memperbarui metode pengajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman untuk menyiapkan generasi penerus Islam yang akan hidup dizamannya, sehingga penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui aplikasi Quantum Teaching yang di terapkan di MTs Negeri Mojorejo.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya adalah deskriptif kualitatif. menetapkan keabsahan data, dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu, teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan pebandingan. Penelitian dan kajian skripsi ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan persepsi dan pemahaman guru-guru Aqidah-Akhlaq tentang Quantum Teaching, 2) mendeskripsikan aplikasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Aqidah-Akhlaq di MTs Negeri Mojorejo, 3) mendeskripsikan faktor yang menjadi penghambat aplikasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Aqidah-Akhlaq dan usaha-usaha yang dilakukan oleh guru Aqidah-Akhlaq dalam mengatasi hambatan.
Untuk menetapkan keabsahan data, dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu, teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan pebandingan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman guru-guru Aqidah-Akhlaq tentang Quantum Teaching adalah sebuah metode pembelajaran yang sangat menarik untuk diterapkan dalam pembelajaran Aqidah-Akhlaq. Quantum Teaching memiliki strategi yang menyenangkan yang menggunakan unsur-unsur yang ada dalam kelas. Implementasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Aqidah-Akhlaq di MTs Negeri Mojorejo menerapkan beberapa petunjuk dari Quantum Teaching yaitu; asaz utama Quantum Teaching, prinsip-prinsip Quantum Teaching, merancang pengajaran yang dinamis dengan langkah TANDUR, mengorkestrasi suasana yang menggairahkan dan mengorkestrasi lingkungan yang mendukung. Hambatan yang dihadapi dalam implementasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Aqidah-Akhlaq adalah masih belum utuhnya penguasaan guru-guru Aqidah-Akhlaq tentang Quantum Teaching, kurangnya alokasi waktu untuk mata pelajaran Aqidah-Akhlaq dan kurangnya sarana dan fasilitas pendidikan di MTs Negeri Mojorejo. Sedangkan usaha yang dilakukan oleh guru-guru Akidah-Akhlaq untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan cara banyak membaca dan belajar tentang Quantum Teaching serta berusaha untuk menerapkannya sebaik mungkin, mendorong siswa untuk belajar sendiri diluar jam pelajaran dan mengoptimalkan sarana dan fasilitas yang ada dilembaga.
Aplikasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Aqidah-Akhlaq di MTs Negeri Mojorejo belum bisa dikatakan utuh, karena masih mengalami beberapa hambatan, akan tetapi ini bukan berarti menafikan keberhasilan implementasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Aqidah-Akhlaq di MTs Negeri Mojorejo karena walaupun mengalami beberapa kendala, implementasi Quantum Teaching dalam pembelajaran Aqidah-Akhlaq telah menunjukkan hasilnya yaitu kegairahan dan kesenangan siswa dalam belajar, suasana yang terlihat dinamis dan siswa menjadi aktif.


0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates