Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Upaya Guru Agama Dalam

Upaya Guru Agama Dalam Membina Mental
Generasi Muda


ABSTRAK

Upaya Guru Agama Dalam Membina Mental
Generasi Muda di MAN Sooko Mojokerto
Oleh :
Nama : Moch. Syafiudin
NIM : 01110196
Fakultas : Tarbiyah
Program Studi : Pendidikan Islam
Dosen Pembimbing : Prof. Dra. Hj. Zuhairini


Pada era globalisasi ini, lembaga pendidikan dihadapkan pada perkembangan zaman yang begitu pesat, sehingga dampak dari perkembangan dan kemajuan zaman tersebut terdapat dampak positif dan negatif, masalah dampak negatif yang menjadi kekhawatiran masyarakat antara lain terjadinya tindakan dan prilaku menyimpang dari masyarakat, seperti halnya maraknya perjudian, perampokan, mengkonsumsi narkoba, minum minuman keras dan lain sebagainya.
Prilaku menyimpang tersebut diharapkan jangan sampai merasuki dan meracuni generasi muda sebagai penerus bangsa dimana merekalah yang memegang estafet kepemimpinan masa depan bangsa, oleh karena itu lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sooko Mojokerto berupaya semaksimal mungkin untuk mendidik dan membina mental siswa sebagai penerus bangsa ini agar nantinya menjadi generasi yang handal yang mampu meraih cita-cita bangsa yang patut dibanggakan oleh semua lapisan masyarkat, dengan pendidikan agama yang ajarkan oleh guru agama yang profesional diupayakan dapat membentengi jiwa generasi muda agar tidak terseret oleh arus dan dampak negatif perubahan dan kemajuan zaman ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: Bagaimana upaya guru agama dalam membina mental generasi muda, faktor apa saja yang menjadi masalah dan bagaimana solusi pemecahan masalah tersebut.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif, dengan analisa dari data yang dikumpulkan melalui metode observasi, interview, angket dan dokumen, dalam pembahasannya penulis menggunakan metode deduksi dan induksi.
Kesimpulan yang ditarik dari hasil temuan penelitian adalah:1. upaya guru agama dalam membina mental generasi muda (siswa) yakni dengan membentuk kegiatan : a. pembelajaran Al-qur’an, b. bidang fiqh.
2. Hambatan-hambatan yang dihadapi MAN Sooko Mojokerto dalam upaya guru agama dalam membina mental generasi muda: a. masalah pendidik, b. masalah peserta didik, c. masalah materi, d. masalah metode, e. masalah sarana dan prasarana.
3. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru agama MAN Sooko Mojokerto dalam upaya guru agama dalam membina mental generasi muda: a. mengatasi masalah pndidik, b. mengatasi masalah peserta didik, c. mengatasi masalah materi, d. mengatasi metode, e. mengatasi sarana dan prasarana.
Saran-saran dalam penelitian ini terdiri dari: 1. orang tua sebaiknya membantu dalam memotivasi peserta didik untuk aktif dalam pelajaran agama dan kegiatan keagamaan, 2. Hendaknya sekolah lebih meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam kegiatan sekolah, 3. Agar sekolah berupaya melengkapi dan memperbanyak literature tentang pendidikan agama.


0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates