Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Manajemen Berbasis Sekolah

Manajemen Berbasis Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi kasus SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo)

ABSTRAK

Kholidah, 2006, Manajemen Berbasis Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi kasus SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Triyo Supriyatno, M. Ag.

Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan.


Seiring dengan perkembangan zaman yang terus berubah menuju ke arah kemajuan, dalam era persaingan yang semakin bebas seperti saat ini, lembaga pendidikan dituntut untuk dapat memberikan kualitas pendidikan yang bermutu, karena lembaga pendidikan yang kurang bermutu lama-kelamaan akan ditinggalkan oleh masyarakat dan tersingkir dengan sendirinya. Bentuk dari upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan memberikan wewenang dari pusat ke daerah (sekolah), dimana sekolah diberi keleluasaan dan kewenangan untuk mengatur, melaksanakan dan mengevaluasi pendidikan yang dilaksanakan. Hal inilah yang dinamakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Manajemen Berbasis Sekolah merupakan paradigma baru pendidikan yang memberikan otonomi luas pada tingkat sekolah dengan maksud agar sekolah leluasa mengelola sumberdaya dan sumberdana dengan mengalokasikannya sesuai dengan prioritas kebutuhan. Pada sistem manajemen berbasis sekolah, sekolah dituntut secara mandiri menggali, mengalokasikan, menentukan prioritas, mengendalikan, dan mempertanggungjawabkan pemberdayaan sumber-sumber, baik kepada masyarakat maupun pemerintah.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo, program-program apa saja yang dilaksanakan di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo, untuk mengetahui Program-program apa saja yang dilaksanakan di SMP Al-Falah Deltasari dalam Upaya meningkatkan mutu pendidikan, dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan primer dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo, Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo, dua (2) guru agama SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo, sedangkan informan sekunder dari penelitian ini adalah dua orang tua (wali) dari siswa yang ada di SMP Al-Falah Sidoarjo. Untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang telah didapat sehingga menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Upaya Peningkatan Mutu pendidikan di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo ada tiga (3) langkah yang dilakukan, diantaranya ialah: (1) Tahap-tahap Perencanaan, yang peliputi: Analisis Situasi, Merumuskan sasaran, dan Analisis SWOT, (2) Pelaksanaan Peningkatan Mutu Pendidikan, dan (3) Pengawasan Mutu Pendidikan. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan SMP Al-Falah membuat program-program sesuai dengan job dan wewenang masing-masing bagian, mulai dari kepala sekolah sampai karyawan ikut berperan secara aktif dalam melaksanakan program yang telah dibuat. Program tersebut meliputi: (1) Bidang Aqidah Akhlak, (2) Bidang Akademis, (3) Bidang keterampilan-kesemaptaan, dan (4) Bidang semangat juang. Faktor Pendukung pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo adalah sebagai berikut: (1) Dukungan dari berbagai elemen yang ada di sekolah, guru, staff, kepala bagian dan orang tua siswa, (2) Sarana dan prasarana (perpustakaan, lab. komputer, lab. Fisika, lab. Biologi, Lab. PTD, lab. Kesenian dan lab. Olah raga ) yang memadai, dan (3) Kebijakan yang dikeluarkan oleh sekolah dapat dilaksanakan sesuai dengan target dan sasaran. Faktor Penghambat pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo adalah sebagai berikut: (1) Kebijakan dari pemerintah yang kadang tidak sejalan dengan program yang direncanakan oleh sekolah, (2) Guru kadang sering izin tidak masuk mengajar, hal ini menghambat program-program yang telah direncanakan sekolah.

0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates