Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Aplikasi Pendekatan Konstruktivistik

Aplikasi Pendekatan Konstruktivistik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa SMP Negeri I Singosari Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam

ABSTRAK

Qomariyah, Nur. 2006. Aplikasi Pendekatan Konstruktivistik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa SMP Negeri I Singosari Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah. Universitas Islam Negeri Malang. Dosen Pembimbing Imron Rossidy, M.Th, M.Ed.

Kata Kunci : Pendekatan konstruktivistik, Pembelajaran PAI, Kreativitas belajar.

Pendidikan mempunyai peranan yang amat menentukan bagi perkembangan dan perwujudan diri individu, terutama bagi pembangunan bangsa dan negara. Pendidikan juga bertanggung jawab untuk memandu serta memupuk bakat dan kreativitas. Titik lemah pendidikan di Indonesia selama ini adalah bahwa proses pembelajaran didominasi oleh pendekatan behavioristik yaitu bahwa siswa lebih berperan sebagai obyek dan guru sebagai subyek, sehingga pembelajaran tersebut dapat mematikan kreativitas belajar siswa. Untuk meningkatkan kreativitas pembelajaran PAI, maka perlu dirancang suatu pendekatan yang tepat. Dalam hal ini pembelajaran yang dianggap tepat adalah pendekatan konstruktivistik. Di mana pembelajarannya dilakukan oleh dua pihak (guru dan siswa) yang keduanya berperan sebagai subyek dalam pembelajaran.
Dari fenomena yang telah dikemukakan diatas maka secara umum permasalahan yang telah dirumuskan yaitu apakah aplikasi pendekatan konstruktivistik pada pembelajaran PAI dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri I Singosari Malang? Bagaimana pola aplikasi pendekatan konstruktivistik pada pembelajaran PAI dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri I Singosari Malang.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Singosari Malang khususnya pada kelas VIII H. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research). Adapun tahapan dalam penelitian ini ada empat tahapan yaitu: (1) Observasi; (2) Rencana tindakan; (3) Pelaksanaan tindakan; (4) Refleksi. Untuk melengkapi data-data yang diperlukan yang berkaitan dengan permasalahan yang ada, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui: (1) dokumentasi; (2) observasi tentang kreativitas. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari hasil observasi, dokumnetasi dan interview. Sedangkan data kuantitatif berupa penilaian tentang kreativitas belajar melalui pre test dan post test. Data kualitatif dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Sedangkan data kuantitif analisisnya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan sajian visual.
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi pendekatan konstruktivistik pada pembelajaran PAI dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri I Singosari Malang. Indikator peningkatannya dapat diketahui melalui inovatif siswa, fleksibel, intuitif, dan keekspresifan siswa. Data dilapangan menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas pada siklus I yang semula nilai rata-rata pre test sebesar 1,08 menjadi 1,31 atau sebesar 21% dan pada siklus II meningkat dari 1,08 menjadi 1,62 atau sekitar 29% sedangkan pada siklus III meningkat dari 1,08 menjadi 2,38 atau sekitar 70%.
Dari hasil penelitian ini peneliti memberikan saran sebagai berikut: sebelum mengajar guru harus mengerti pengalaman belajar yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa, hendakanya guru benar-benar terlibat langsung terhadap jalannya pembelajaran, supaya diadakan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan desain penelitian kualitatif guna memperoleh hasil penelitian yang lebih mendalam.


1 Comment:

  1. oneidaquail said...
    Buy titanium stud earrings online at a great price
    Shop titanium cerakote titanium stud earrings online at a great price. Choose from many stiletto titanium hammer sizes 4x8 sheet metal prices near me and colors to customize your 4x8 sheet metal prices near me look, size, and unique titanium wire features.

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates