Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Upaya Pembinan Keislaman

Upaya Pembinan Keislaman oleh Kader Partai Keadilan Sejahtera Dalam Mewujudkan Masyarakat Madani

ABSTRAK

Hasanah Yasir, Nur. 2006, Upaya Pembinan Keislaman oleh Kader Partai Keadilan Sejahtera Dalam Mewujudkan Masyarakat Madani (studi kasus Partai Keadilan Sejahtera kota Malang). Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Asma’un Sahlan, M.Ag.
Dekadensi moral yang mewarnai kehidupan generasi muda Islam semankin mengalami peningkatan baik kuantitas ataupun kualitas. Dari perspektif agama hal ini bisa ditangani dengan pembinaan keislaman secara intensif dan berkesinambungan. Pada esensinya merupakan pemahaman terhadap ajaran agama Islam itu sendiri dan bertekad untuk mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta mampu untuk mengendalikan diri setelah memahami.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga hal yang berhubungan dengan upaya pembinaan keislaman oleh kader Partai Keadilan Sejahtera kota Malang, yaitu
1. Kegiatan pembinaan keislaman kader Partai Keadilan Sejahtera kota Malang,
2. Upaya pembinaan keislaman kader Partai Keadilan Sejahtera kota Malang dalam mewujudkan masyarakat madani.
3. Faktor pendukung dan penghambat pembinaan keislaman kader Partai Keadilan Sejahtera kota Malang dalam mewujudkan masyarakat madani
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan empirik-kualitatif (naturalistik). Data penelitian ini adalah pendekatan pertanyaan-respon. Kegiatan ini pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode interviu, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif yang di dalamnya melibatkan kegiatan reduksi data, sajian data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Kegiatan analisis data dimulai dengan pengidentifikasian data yang berkaitan dengan masalah, kemudian data diklasifikasikan (dipetakan secara jelas) dan diadakan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam kegiatan peran pembinaan keislaman oleh Partai Keadilan Sejahtera dalam mewujudkan masyarakat madani kota Malang adalah metode ceramah, halaqoh, diskusi dan lain sebagainya.
Metode pendekatan melalui halaqoh, dakwah fardiyah, dakwah jama’i, face to face, kisah-kisah teladan perjuangan hidup generasi yang terdahulu dan berbagai cara pendekatan.
Upaya pembinaan keislaman oleh Partai Keadilan Sejahtera dalam mewujudkan masyarakat madani di kota Malang adalah adanya perubahan perilaku pada diri masyarakat itu sendiri menuju pada prilaku yang berkepribadian muslim. Perubahan prilaku yang terjadi adalah seperti keteladanan baik dalam perkataan, ibadah maupun prilaku keseharianya. Bahwa dengan temuan ini mendukung pandangan yang menyatakan bahwa dengan peran pembinaan keislaman oleh kader Partai Keadilan Sejahtera menunjukkan seluruh gerak dan kiprah seseorang hanyalah untuk mendapatkan ridha Allah.


0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates