Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Kepedulian Pekerja Terminal

KEPEDULIAN PEKERJA TERMINAL ARJOSARI TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA


ABSTRAK
KEPEDULIAN PEKERJA TERMINAL ARJOSARI TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA BAGI ANAK
Nafi` Firdiansyah


Lingkungan terminal Arjosari adalah merupakan lingkungan yang menuntut setiap pekerja didalamnya untuk selalu berlomba-lomba dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, sehingga tidak ada waktu untuk mendidik anak terutama pendidikan agama. Padahal agama adalah merupakan bekal utama anak dalam kehidupan pribadi maupum masyarakat. Maka dalam kajian ini penulis mencoba untuk mengadakan penelitian tentang kepedulian para pekerja terminal arjosari terhadap pendidikan agama bagi anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas-aktivitas pekerja terminal arjosari dari jenis pekerjaan maupun dari segi kesadaran mereka dalam menjalankan perintah agama, terutama dalam menjalankan shalat lima waktu serta untuk mengetahui tingkat perhatian mereka terhadap pendidikan agama bagi anak baik pengawasan mereka dirumah maupun diluar rumah.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan interview ata wawancara dengan beberapa pekerja terminal Arjosari, dan juga metode observasi untuk lebih mengoptimalkan hasil dari penelitian tersebut, kemudian penyajiannya secra descriptive analistis
Dari hasil penelitia ini penulis dapat menyimpulkan bahwa para pekerja terminal Arjosari mgnganggap dan merasakan akan pentingnya pendidikan agama, walaupun kesibukan mereka terkadang membuat mereka lalai dalam memjalankan perintah agama. Adapun wujud dari kepedulian mereka terhadap pendidika agama bagi anak adalah dengan memasukkan anak-anak mereka ke sekolah-sekolah agama di sore hari dan ada juga diantra mereka yang menitipkan anak-anak mereka ke pondok-pondok pesantren karena tidak adanya waktu untuk membimbing mereka secara langsung disamping kemampuan mereka yang kurang dalamsegi keagamaan.
Berdasarka kesimpulan diatas penulis mengharapkan kepada seluruh pekerja terminal Arjosari untuk semakin meningkatkan kesadaran mereka dalam menjalakan perintah agama dan untuk semakin meningkatkan kepedulian mereka terhadap pendidikan agama bagi anak. Dan untuk para peneliti semoga hasil kajian ini merupakan bahan awal untuk mendapatkan hasil penelitian yang libih baik dan lebih optimal.


0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates