Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Kontribusi PAI

Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Seutuhnya

ABSTRAK

Masruri, Nana 2006. Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Seutuhnya Di SMA Negeri 1 Lawang PAI UIN Malang Semester XII Tahun Akademik 2006/2007. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Hj. Siti Kusrini.

Kata kunci: Kontribusi PAI, Kepribadian, Seutuhnya.
Pembangunan nasional dibidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Tujuan PAI di sekolah/madrasah adalah dalam upaya pembentukan moral dan ahlak serta membangkitkan sikap religius peserta didik. Masyarakat menilai peran dan fungsi pendidikan agama Islam di sekolah dipandang kurang memberikan kontribusi kearah tersebut, bahkan yang lebih memojokkan lagi bahwa pendidikan agama Islam dipandang belum berhasil mencapai tujuan pendidikan agama Islam yang diharapkan, terbukti dengan banyaknya kasus kenakalan anak dengan berbagai bentuk. Akibatnya peran serta efektifitas pendidikan agama Islam di sekolah dipertanyakan, dengan pemahaman jikalau pendidikan agama Islam disekolah dilaksanakan dengan baik, maka kehidupan masyarakatpun akan lebih baik. Artinya bahwa ada beberapa asumsi yang dapat dianalisa mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan pelaksanaan pendidikan agama Islam di sekolah/madrasah dalam upaya pembentukan pribadi siswa seutuhnya yang bermoral dan berahlak sesuai dengan tujuan pendidikan agama Islam.
Lembaga pendidikan yang dijadikan obyek penelitian skripsi oleh penulis sekaligus penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Lawang dengan mengambil sebuah judul “Kontribusi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Seutuhnya Di SMA Negeri 1 Lawang ”, dan masalah yang dibahas dalam skripsi adalah :
1. Bagaiman nilai-nilai yang terkandung dalam pembentukan pribadi siswa seutuhnya di SMA Negeri 1 Lawang.
2. Bagaimana isi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Lawang.
3. Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan kepribadian siswa di SMA Negeri 1 Lawang.
4. Bagaimana kontribusi pendidikan agama Islam terhadap siswa di SMA Negeri 1 Lawang.
5. Bagaiman hasil pelaksanaan pendidikan agama Islama di SMA Negeri 1 Lawang.
Pembahasan sekripsi ini melalui penelitian yang terdiri dari kajian kepustakaan dan penelitian obyek. Kejian kepustakaan dimaksudkan untuk membahas isi skripsi ini dari berbagai referensi yang ada kaitannya dengan judul sekripsi. Sedangkan penelitian obyek dimaksudkan untuk memperoleh gambaran langsung dari lapangan sebagai bahan untuk disajikan dan dianalisis. Sebagai populasi adalah seluruh siswa klas II, guru pendidikan agama Islam 2 orang, Kepala sekolah, Wk kurikulum 2 orang, Wk kesiswaan 2 orang di SMA Negeri 1 Lawang, dengan jumlah sampel yang menjadi responden berjumlah 77 siswa terdiri dari kelas II1, II6, II10, yang diambil dengan cara purposive sampling (sampel bertujuan), yang dilakukan dengan cara mengambil subyek bukan didasarkan atas strata, random ataupun daerah tetapi berdasarkan atas tujuan tertentu. Sehubungan dengan penelitian tersebut, maka untuk memperoleh data dalam skripsi ini menggunakan tehnik pengumpulan data yang meliputi metode obserfasi, metode angket, metode interview, dan metode dokumenter. Setelah data terkumpul dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan mengunakan tehnik persentase.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Nilai yang terkandung dalam pembentukan kepribadian siwa meliputi: a. nilai kebenaran, b. nilai tanggung jawab sosial, c. nilai nasionalisme, d. nilai solidaritas global. 2). Isi pembelajaran di SMA Negeri 1 Lawang: a. Al-Quran, b. keimanan, c. ahlak, d. ibadah/fikih, d. tarikh. 3). Peran guru pendidikan agama Islam: a. kegiatan intrakulikuler, b. kegiatan ekstra kulikuler. 4). Kontribusi pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Lawang: a. meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, b. menambah pengetahuan dan ketrampilan keagamaan, c. menjadikan hidup selaras, serasi dan seimbang antara aspek jasmani dan rohani berdasarkan pada nilai-nilai ajaran agama Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an dan hadits, d. mempersiapkan siswa hidup dalam bermasyarakat, e. dengan melaksanakan kegiatan ekstra kulikuler seperti mengaji, shalat Jum’at serta kegiatan yang lainnya yang diharapkan akan menambah pengetahuan dan ketrampilam anak dalam menjalankan kewajibannya terhadap agama. Pelaksanaan pembelajara pendidikan agama Islam juga tidak terlepas dari kebijakan kepala sekolah serta kegiatan keagamaan yang diupayakan oleh guru pendidikan agama Islam, baik didalam kelas maupun diluar kelas.



0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates