Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Manajemen Kelas dalam Meningkatkan

Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam

ABSTRAK

Purwaningsih, Ratna. 2006. Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Srengat-Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Dosen Pembimbing : Drs. Moh. Padil, M.Pd.I.

Kata Kunci: Manajemen Kelas, Efektivitas Proses Belajar Mengajar PAI

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan, yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu Proses Belajar Mengajar secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan Manajemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Manajemen Kelas merupakan upaya mengelola siswa di dalam kelas yang dilakukan untuk menciptakan suasana atau kondisi kelas yang menunjang program pengajaran,agar siswa ikut terlibat dan berperan serta dalam proses pendidikan di sekolah. Di samping itu, Proses Belajar Mengajar dapat terwujud dengan baik apabila terdapat interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa, sesama siswa maupun dengan sumber belajar lainnya. Dalam Manajemen Kelas, guru sebagai pemeran utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar, harus senantiasa memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas. Dengan adanya guru yang berkompeten dan berkualitas diharapkan mampu dalam menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien di dalam kelas, khususnya pada materi PAI.
Berpijak dari latar belakang di atas, maka penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui prosedur Manajemen Kelas dalam Proses Belajar Mengajar PAI di SMP Negeri I Srengat-Blitar, untuk mengetahui apakah dengan Manajemen Kelas dapat meningkatkan efektifitas belajar mengajar PAI di SMP Negeri I Srengat-Blitar, dan untuk menemukan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas pembelajaran PAI dalam Manajemen Kelas di SMP Negeri I Srengat-Blitar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa kata-kata bukan angka dengan tujuan menggambarkan keadaan atau kegiatan yang terjadi di lapangan (field research) dan dipilih secara sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna atau dipahami oleh masyarakat umum. Peneliti menggunakan purposive sample yang dilakukan dengan cara mengambil subyek bukan berdasarkan strata, random atau daerah, tetapi berdasarkan atas tujuan tertentu dengan memilih siswa kelas VIII G sebagai sample. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:1. Prosedur Manajemen Kelas dalam Proses Balajar Mengajar PAI di SMP Negeri I Srengat-Blitar adalah sebagai berikut: (a) peningkatan kesadaran pendidik sebagai guru (b) peningkatan kesadaran siswa (c) pengenalan terhadap tingkah laku siswa (d) pembuatan kontrak sosial atau tata tertib kelas (e) menetapkan alternatif pemecahan melalui berbagai macam pendekatan dalam Manajemen Kelas, antara lain pendekatan manajerial dengan konsep kebebasan terbimbing dan pendekatan psikologis (pendekatan modifikasi tingkah laku, pendekatan iklim sosio-emosional, dan pendekatan proses kelompok). 2. Cara belajar siswa yang aktif di dalam maupun di luar kelas dan cara mengajar guru yang baik dengan menggunakan metode yang bervariasi serta berusaha menyediakan fasilitas yang memadai bagi siswa untuk menunjang prestasi dan belajar siswa. Di samping itu, guru juga harus memperhatikan unsur-unsur dalam efektifitas pembelajaran yang meliputi ; bahan belajar yang selalu disesuaikan dengan kebutuhan siswa, suasana belajar yang kondusif dan komunikatif antara guru dengan siswa, dan memanfaatkan media yang ada di sekolah dengan sebaik-baiknya, dengan kata lain sumber belajar tidak melalui pembelajaran di dalam kelas saja tetapi juga dapat dilakukan di luar kelas, seperti taman sekolah, musholla, laboratorium,dan sebagainya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Manajemen Kelas dapat meningkatkan efektifitas Proses Belajar Mengajar PAI di SMP Negeri I Srengat-Blitar. 3. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas Proses Belajar Mengajar PAI dalam Manajemen Kelas di SMP Negeri I Srengat-Blitar adalah : (a) factor eksternal, meliputi faktor lingkungan dan faktor instrumental, seperti kurikulum, program atau bahan pengajaran, sarana dan fasilitas, serta faktor guru itu sendiri (b) faktor internal, meliputi kondisi fisiologis dan psikologis siswa berupa minat, bakat dan kemampuan yang dimiliki masing-masing siswa.
Dari hasil penelitian ini, saran-saran yang diharapkan penulis adalah : (1) Bagi seluruh warga SMP Negeri I Srengat-Blitar, baik Kepala Sekolah, para guru, dan siswa hendaknya selalu berupaya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikannya semaksimal mungkin. (2) Bagi peneliti lanjutan, hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan referensi dan diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih baik dan lebih sempurna tentang Manajemen Kelas dalam meningkatkan efektifitas Proses Belajar Mengajar PAI.



0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates