Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Problematika Pembelajaran PAI

Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN

ABSTRAKS

Mayli Yanti, Rohmah. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 2 Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Pembimbing Drs. H. Asmaun Sahlan, M.Ag.

Pendidikan adalah penentu dimana seseorang akan menjalani kehidupannya. Dengan pendidikan diharapkan seseorang mampu menjadi manusia yang dapat menciptakan perbaharuan serta perbaikan-perbaikan.
Allah juga memerintah umatnya untuk mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan ajaran agama Islam, dan hal tersebut didapatkan dari pendidikan agama Islam. Dari pendidikan agama Islam diharapkan seseorang dapat menghayati apa sebenarnya ajaran Islam, Mempercayai serta mengamalkan ajaran agama Islam tersebut.
Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam banyak sekali ditemukan problematika dalam pembelajaran pendidikan agama. Problem tersebut ditemukan dari beberapa sektor, baik guru, siswa, kurikulum, manajemen, sarana dan prasarana, maupun lingkungan yeng terdapat disekeliling pembelajaran pendidikan agama Islam.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Batu, problematika apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Batu, faktor-faktor apa saja yang mengakibatkan adanya problematika dalam pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut, serta langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh SMPN 2 Batu dalam mengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut.
Penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan untuk mengumulkan datanya selain menggunakan data kualitatif juga dilakukan metode observasi (pengamatan), metode intervew (wawancara) dan metode dokumentasi.
Sedangkan hasi penelitian menggunakan tehnik analisis deskriptif yang berupa pemilihan data dan penyajian data yang terletak pada BAB IV. Dan untuk analisis data terletak pada BAB V yaitu hasil penelitian disitu penulis melakukan analisa pada data yang diperoleh dari SMPN 2 Batu.
Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Batu ditemukan permasalahan pada guru yang masih kurang memiliki wawasan, padahal guru sebagai transformator ilmu, yang membimbing dan mengarahkan anak didik menuju perbaikan dan kesempurnaan, maka guru harus mempunyai wawasan dalam pendidikan, guru bukan hanya pemberi tugas kepada siswa tampa interaksi yang mengakibatkan guru tidak mengetahui perkembagan anak didik, sehingga guru tersebut dapat mengetahui permasalahan-permasalah yang dihadapi anak didik dalam proses belajar mengajar.
Begitu juga dengan kurikulum yang terdapat di SMPN 2 Batu. Aplikasi kesesuaian kurikulum yang harus digunakan pada proses belajar dan mengajar mengalami kesulitan dan hal tersebut dikarenakan kurangnya wawasan guru tersebut tentang pembelajaran.
Wawasan guru akan pembelajaran pendidikan agama Islam seringkali mengakibatkan guru pendidikan agama Islam di SMPN 2 Batu kebingungan menghadapi permasalaha yang dihadapi oleh siswa, antara lain permasalahan kurang bisanya siswa terhadap pendidikan agama Islam membuat guru agama Islam di SMPN 2 Batu kebingunagn menggunkan metode yang dapat diterima oleh siswa, sehingga penggunaan metode yang digunakan selalu monoton. Penggunaan metode yang monoton mengakibatkan siswa kurang berkembang dan kurang kreatif.
Selain permasalahan guru yang menjadi probematika dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2 Batu juga terdapat permasalahan sarana yang kurang memadai yaitu ruangan perpustakaan serta buku panduan pendidikan agama Islam yang seharusnya digunakan sehari-hari, hal tersebut secara tidak langsung juga menjadi probematika dalam pembelajaran penddikan agama Islam.
Problematika yang ada dalam pembelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya terletak pada lingkup sekolah saja akan tetapi peran serta keluarga yang kurang dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam juga merupakan kendala dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang ada di SMPN 2 Batu.
Kata Kunci: Problematika Dan Pembelajaran Pendidikan agama Islam


0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates