Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Nilai-nilai Ajaran Islam

Nilai-nilai Ajaran Islam Dalam Paket Wayang Syadat (Studi Kasus Transformasi Nilai-nilai Ajaran Islam Melalui Pertunjukan Wayang Syadat


ABSTRAK


Saiful Ansori, 2005 Skripsi, Judul: Nilai-nilai Ajaran Islam Dalam Paket Wayang Syadat (Studi Kasus Transformasi Nilai-nilai Ajaran Islam Melalui Pertunjukan Wayang Syadat Di Dusun Gentong Singosari Malang)
Pembimbing : Drs. Muhammad Djakfar, SH. M.Ag

Kata Kunci : Nilai-nilai ajaran Islam, transformasi, pertunjukan wayang syadat

Islam adalah agama rahmatallil ‘alamiin (rahmat bagi alam semesta) sudah barang tentu kita sebagai orang muslim wajib untuk menjadikan Islam sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, karena terkadang kebiasaan ataupun norma-norma yang terben tuk dalam masyarakat tidak sesuai dengan ajaran Islam yang sudah kita yakini kebenarannya. Untuk itu dirasa perlu adanya pelurusan pelurusan yang mengkiblat pada ajaran Islam, yang memang itu merupakan suatu hal yang mutlak dilakukan sebagai seorang muslim, yang tentunya hal itu tidak terlepas dari penterjemahan penterjemahan sebagai bentuk dari penggalian nilai-nilai ajaran Islam dalam memahaminya. Selebihnya bertolak pada hal tersebut perlu adanya metode-metode yang sesuai sebagai pendekatan yang digunakan dalam memahamkan nilai-nilai ajaran Islam kepada masyarakat.
Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui tujuan pembentukan wayang syadat yang ada di dusun Gentong sebagai media pendekatan untuk mensosialisasikan ajaran Islam dan keefektifan wayang syadat dalam mentransformasikan ajaran-ajaran Islam kepada masyarakat dusun Gentong. Penelitian ini dilakukan di dusun Gentong-Purwoasri Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.
Dalam mengumpulkan data ini peneliti menggunakan metode observasi, Interview, documenter, angket, dan analisa data dengan prosentase. Populasi yang diambil dalam peneletian adalah seluruh masyarakat dusun Gentong sebanyak 200 orang, sedangkan peneliti hanya mengambil 40 orang (20 %) untuk dijadikan sampel yang terdiri dari tokoh masyarakat, perangkat dusun, orang tua dan pemuda.
Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh data bahwa tujuan pembentukan wayang Syadat adalah untuk mensosialisasikan ajaran Islam dan mengenai transformasi nilai-nilai ajaran Islam melalui pertunjukan wayang Syadat boleh dikatan sangat efektif. Karena metode pendekatan ini sangat sesuai dengan latar belakang masyarakat dusun Gentong yang sebagian besar sangat menyukai seni yang berbau gamelan.

0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates