Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Pelaksanaan Kurikulum KBK

Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 04 Batu


ABSTRAK

Rahayu, Muji 01110043. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 04 Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Malang 2006.
Dosen Pembimbing : Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A


Kata Kunci: Pelaksanaan, Kurikulum, Kompetensi, Pendidikan Agama Islam

Usaha pemerintah dalam meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia terutama pada sektor pendidikan yaitu dengan diberikannya otonomi daerah yang berlanjut pada otonomi pendidikan dimaksudkan agar sekolah dapat menawarkan pendidikan yang lebih bermutu. Dengan ini diharapkan lebih bermanfaat bagi masyarakat.
Kurikulum berbasis kompetensi memberi keluasan kepada sekolah dalam menyusun silabus mata pelajaran yang disesuiakan dengan potensi sekolah dan wilayah sekitarnya. Arah kurikulum berbasis kompetensi ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, kemampuan, nilai, sikap dan minat siswa agar dapat melakukan sesuatu dalam bentuk kemahiran, ketepatan dan keberhasilan dengan penuh tangung jawab.
Dalam pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi menuntut kerjasama secara optimal antara pendidik dengan siswa maupun dengan petugas lain yang ada di lingkungan sekolah. Dengan demikian sekolah dapat mencapai tujuan yang diharapkan, materi relevan dengan kebutuhan masyarakat, berorientasi pada hasil (out put) dan dampak (out come).
Pendidikan Agama Islam merupakan benteng moral dari kehidupan dan pengimbang dari pendidikan yang tidak berdasarkan pada agama untuk mempersiapkan kehidupan manusia menjadi lebih baik dengan mempertahankan nilai-nilai abadi yaitu nilai-nilai ke-Tuhanan. Dalam pelaksanaannya kita ketahui bahwa Pendidikan Agama Islam di SMP masih belum mendapatkan tempat dan waktu yang proposional dan lebih dari itu juga bukan termasuk mata pelajaran yang di UAN-kan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 04 Batu dengan judul “Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 04 Batu”. Sedangkan fokus penelitiannya yaitu pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 04 Batu, usaha-usaha Kepala Sekolah dan guru PAI dalam mensukseskan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 04 Batu, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 04 Batu.
Berdasarkan fokus penelitian di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi PAI di SMP Negeri 04 Batu, mendeskripsikan usaha-usaha Kepala Sekolah dan guru PAI dalam mensukseskan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi di SMP Negeri 04 Batu, mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi di SMP Negeri 04 Batu.
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif, sebagai langkah pertama, yaitu proses pengumpulan data yang dimulai dari beberapa sumber. Kedua, Menyusun dalam satuan-satuan yang kemudian diintegrasikan pada langkah berikutnya dengan membuat koding. Ketiga, mengadakan pemeriksaan keabsahan data. Sedangkan pengecekan keabsahan data terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pendahuluan, tahap penyaringan dan tahap melengkapi data yang masih kurang. Untuk memperoleh keabsahan temuan perlu diteliti kredibilitasnya dengan mengunakan teknik presitent observation (ketekunan pengamatan), triangulasi dan peerderieting (pemeriksaan sejawat melalui diskusi).
Dari hasil penelitian yang peneliti peroleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi PAI di SMP Negeri 04 Batu sudah dimulai sejak tahun 2004 yaitu pada kelas VII danVIII. Materi disesuaikan dengan kurikulum 2004. Siswa membuat kelompok kecil untuk diskusi materi. Semua siswa dituntut untuk aktif karena dalam penilaiannya diambil dari hasil diskusi, tanya jawab, keaktifan siswa dan praktek ibadah setiap hari. Pelaksanaan KBK PAI juga dilaksanakan di luar jam pelajaran diantaranya ialah sholat dhuhur berjamaah, sholat jum’at, membaca Al Qur’an dan peringatan hari-hari besar Islam. Untuk mencapai standar kompetensi dalam pelaksanaan KBK PAI strategi pembelajaran yang digunakan antara lain kontekstual, cooperative learning, ceramah, diskusi, resitasi dan demonstrasi. Sedangkan bentuk penilaian yang sering digunakan adalah portofolio.
Usaha Kepala Sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam dalam mensukseskan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi Pendidikan Agama Islam diantaranya Kepala Sekolah mengikut sertakan guru PAI dalam penataran dan workshop baik yang diadakan oleh Dinas Kota maupun Dinas Propinsi, memberikan pembinaan kepada para guru tentang KBK, mengikut sertakan guru PAI dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah, rapat dengan para guru dan studi banding dengan sekolah lain. Sedangkan usaha guru PAI dalam mensukseskan pelaksanaan KBK PAI diantaranya menyesuaikan materi dengan kurikulum, membiasakan siswa beribadah, membimbing anak yang belum bisa membaca Al Qur’an dan melaksanakan anjuran Kepala Sekolah.
Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 04 Batu yaitu mayoritas siswa beragama Islam, sarana prasarana yang menunjang, tenaga pengajar yang berkompeten, adanya kebersamaan dan keluarga yang harmonis. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain siswa kurang disiplin dalam mengikuti pelajaran maupun kegiatan di luar jam pelajaran, kurangnya perhatian dari sebagian orang tua, waktu yang terbatas serta kemampuan dan jiwa psikologis siswa yang berbeda-beda.
Adapun saran yang dapat penulis berikan kepada lembaga pendidikan SMP Negeri 04 Batu adalah sebaiknya guru terutama guru PAI dapat merespon dengan baik tentang perubahan kurikulum pada saat ini agar pelaksanaan KBK PAI dapat berjalan dengan baik dan lancar, sebaiknya guru PAI menggunakan banyak strategi pembelajaran yang sesuai dengan KBK dan bentuk penilaiannya tidak hanya terfokus pada portofolio, hendaknya SMP Negeri 04 Batu melengkapi sarana dan prasarana dalam rangka untuk menunjang pelaksanaan KBK PAI, dalam pelaksanaan KBK PAI hendaknya mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa untuk diajak bekerjasama dalam memantau siswa, dan yang terakhir agar pemahaman dan pengamalan siswa cepat tercapai maka diperlukan penambahan jam pelajaran.

0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates