Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Pendidikan Agama dalam Al-Qur'an

Pendidikan Agama dalam Al-Qur'an Surat Lukman Ayat 12-19Menurut Tafsir Al-Mishbah. Skripsi

ABSTRAK

Rizal, Sihatur. Pendidikan Agama dalam Al-Qur'an Surat Lukman Ayat 12-19Menurut Tafsir Al-Mishbah. Skripsi. Jurusan Pedidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah. Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Pembimbing: Zulfi Mubaraq, M.Ag

Kata Kunci: Pendidikan Agama dalam al-Qur'an, Pendidikan Agama Menurut Tafsir Al-Mishbah

Pendidikan merupakan bagian terpenting dari kehidupan manusia. Pendidikan merupakan rangkaian kegiatan menuju “pendewasan” guna menuju kehidupan yang lebih berarti. Pengembangan SDM atau human resources development terutama terfokus pada ketrampilan sikap dan kemampuan produktif manusia sebagai sumber untuk dimanfaatkan. Idealnya pendidikan itu dapat mengembangkan dan mewujudkan manusia (Human Caapati Development). Artinya tugas pendidikan adalah untuk membuka kemampuan yang dimiliki seseorang seoptimal mungkin melalui sharing of information untuk menjadi yang bukan saja pintar, tetapi juga kreatif, inovatif, kritis, dan memiliki ketahanan mental hidup yang kuat. Sedangakan pendidikan agama adalah usaha yang berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik supaya kelak dapat memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam serta menjadikannya sebagai way of live.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis merumuskan sebagai berkut: (a) bagimana konsep pendidikan agama dalam Al-Qur'an, (b) bagaimana pandangan pendidikan agama perspektif Tafsir Al-Misbah surat Lukman ayat 12-19,(c) metode apa saja yang terdapat dalam pendidikan agama perspektif Tafsir Al-Mishbah surat Lukman ayat 12-19. Adapun tujuan penulisan yang ingin dicapai berdasarkan pada rumusan masalah diatas adalah: (a) untuk mengetahui konsep pendidikan agama dalam Al-Qur;an, (b) untuk mengetahui pandangan pendidikan agama perspektif Tafsir Al-Misbah surat Lukman ayat 12-19. (c) untuk mengetahui Metode apa saja yang terdapat dalam pendidikan agama perspektif Tafsir Al-Mishbah surat Lukman ayat 12-19
Dalam penulisan ini penulis mengunakan metode menggunakan beberapa metode yang relevan dengan tema kajian diatas, antara lain: (a) metode deduksi, (b) metode induksi, (c) metode komparasi, (d) metode diskriptif, dan (e) Metode tafsir tematik (Tafsir Maudhu'i). Dalam menggali sumber konsep dan bahan-bahan yang dibutuhkan berkaitannya dengan pembahasan skripsi ini dan mengingat bidang studi serta masalah dan fenomena yang ada, maka penulis menggunakan pendekatan study pustaka, yaitu suatu pendekatan dengan menghimpun informasi bacaan dari buku skripsi, thesis, desertasi, dan lain sebagainya (Furqon, 1982: 98). Data yang diperlukan dalam penulisan skripsi ini adalah data kualitatif yang sifatnya tekstual dan kontekstual, yaitu berupa statement-statement atau pernyataan yang terdapat dalam Al-Qur’an yang ada relevansinya dengan tema bacaan yang dikaji. Sesuai dengan sifat, jenis, metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini penulis mengunakan sumber utama Al-Qur’an dan tafsir Al-Mishbah sebagai sumber utama dan sumber-sumber lainnya yang relevan dengan tema kajian ini. Sesuai dengan metode yang dipakai penulis dalam penulisan skripsi ini menggunakan tekhnik pengumpulan data, kajian pustaka, yaitu tekhnik dokumentasi dengan cara menggali informasi dari buku, makalah, majalah, skripsi, thesis, serta lain-lain yang memiliki relevansi dengan tema kajian. Sesuai dengan sifat jenis data yang diperoleh, maka tekhnik analisa data yang dipergunakan adalah content analiysis, yaitu yaitu suatu teknik analisa data yang diharapkan mengkaji isi suatu objek kajian. Dalam hal ini, Sujono dan Abdurrahman mengutip teorinya Holsti mengatakan bahwa: content analysis adalah teknik apapun yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha-usaha, menemukan karakteristik pesan, dan dilakukan secara obyektif dan sistematis (Sujono, Abdurrahman, 1998.hal:14-15).
Dari pembahasan pada bab-bab sebelumnya tentang surah Luqman ayat 12-19 dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikannya adalah materi pendidikannya adalah (a) ketauhidan (b) akhlak (c) sholat (d) amar ma'ruf nahi mungkar (e) ketabahan dan kesabaran. Proses pendidikan dan pembelajarannya selain terdapat materi yang representative dengan nilai-nilai ajaran Islam, juga ada semacam affection element yang menjadi salah satu faktor pada keberhasilan dalam pendidikan dan pembelajaran. Dengan demikian secara umum dari surah Luqman tersebut terdapat asas-asas metode pendidikan Islam yaitu: (a) asas agama (b) asas biologis (c) asas psikologis (d) asas social. Pendidik hendaknya memiliki ciri dan sifat yang akan menyatu dalam seluruh totalitas kepribadiannya. Dalam hal ini karakteristik pendidik muslim adalah (a) mempunyai watak dan sifat rubbaniyah (b) bersifat Ikhlas (c) bersifat sabar (d) jujur (e) senantiasa membekali dengan ilmu (f) mampu menggunakan metode mengajar (g) mampu mengelola kelas dan peserta didik (h) Mengetahui kehidupan psikis peserta didik (i) tanggap (j) berlaku adil. Dalam menyampaikan pelajarannya menggunakan cara-cara: dengan menyentuh hatinya, tidak mudah putus asa, didasarkan pada kasih sayang, menjelaskan disertai argumen yang rasional, lemah lembut, sabar, teguh, dan tekun.
Untuk itu bagi guru-guru yang betul-betul memiliki rasa tanggungjawab sekaligus sebagai penanggungjawab harus memiliki kebijaksnaan dalam arti tidak hanya aspek kognitif saja yang dipentingkan pada diri anak di sekolah, dan bukan hanya aspek psikomotor saja, tetapi juga aspek afektif yang sangat penting dan aspek afektif ini sangat sulit. Dan bila aspek afektif ini sudah mendarah daging dan membudaya dalam diri kehidupan anak-anak, maka dalam penguasaan aspek kognitif dan psikomotor akan diwarnai oleh aspek afektif, yang setiap saat guru harus memperingatkannya.
Dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan wahana yang konstruktif dalam kaitannya dengan peningkatan mutu pendidkan agama Islam ke depan, baik secara teoritis maupun praktis. Selain itu hasil penelitian ini belum bisa dikatakan final dan masih jauh mencapai kesempurnaan, maka dari itu penulis berharap terdapat peneliti lebih lanjut yang mengkaji ulang hasil penelitian ini.

0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates