Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Sosok Guru Menurut Al-Ghazali

Sosok Guru Menurut Al-Ghazali Dan Zakiah Daradjat (Studi Komparatif). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam


Abstrak


Siti Fatchurohmah, Sosok Guru Menurut Al-Ghazali Dan Zakiah Daradjat (Studi Komparatif). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Malang. Drs. H. Abdul Ghofir.


Pendidikan merupakan masalah penting yang memperoleh prioritas utama sejak awal kehidupan manusia. Bahkan Rasulullah SAW sendiri telah mengisyaratkan bahwa proses belajar bagi setiap manusia adalah sejak ia masih dalam kandungan ibunya, sampai ia sudah mendekati liang kuburnya. Sebagai agama yang mengutamakan pendidikan, maka sepanjang kurun kehidupan umat Islam hingga kini, telah muncul banyak ahli pendidikan yang menyumbangkan buah pikirannya dalam bidang pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pandangan Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat, tentang sosok guru dan apakah sosok guru menurut Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat terdapat persamaan atau perbedaannya, serta dapat dijadikan rujukan bagi para guru di masa sekarang ini.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan historis dan filosofis dan metode analisis data induktif deduktif, komparatif dan deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Al-Ghazali dan Zakiah Daradjat memiliki kontribusi yang besar dalam rangka membangun sosok figur seorang guru. Sedangkan kontribusi pemikiran kedua tokoh ini ternyata terdapat suatu perbedaan walaupun banyak persamaannya. Secara operasional, konsepnya dapat diaplikasikan dan dijadikan alternatif acuan bagi seorang guru di masa sekarang, namun harus menggunakan bentuk pendekatan baru serta diperlukan penyempurnaan.

Kata Kunci: Sosok Guru

0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates