Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Pengaruh Metode Bervariasi

Pengaruh Metode Bervariasi Dalam Pengajaran Al-Qur’an Hadits Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Negeri Turen Malang


ABSTRAK


Siti Romlah, Pengaruh Metode Bervariasi Dalam Pengajaran Al-Qur’an Hadits Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Negeri Turen Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Drs.A.Zuhdi

Seiring dengan kemajuan teknologi pada saat ini pembelajaran terus mengalami perkembangan dimana pada dasarnya pembelajaran merupakan suatu upaya untuk membantu peserta didik agar dapat tumbuh dan berkembang dalam pendidikan. Dalam hal ini guru dengan sadar berusaha untuk mengatur lingkungan belajar agar anak didik tetap bersemangat dalam menerima pelajaran dengan seperangkat teori dan pengalaman yang guru punyai, yang mana untuk bagaimana mempersiapkan program pengajaran dengan baik dan sistematis. Seorang guru yang memperhatikan situasi, kondisi toleransi, pandangan dan jangkauan peserta didik ialah mendorong atau menimbulkan variasi dalam mengajar. Yang mana salah satunya adalah dengan mengkombinasi atau memvariasi metode pengajaran sehingga dalam proses mengajar guru tidak terpaku dalam satu metode saja dan ini bertujuan agar peserta didik tidak merasa bosan dalam proses belajar mengajar.
Berangkat dari latar belakang diatas maka peneliti mengambil suatu rumusan masalah yaitu, 1) bagaimana pelaksanaan metode bervariasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Negeri Turen Malang. 2) bagaimana pengaruh metode variasi dalam pengajaran Al-Qur’ah Hadits terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Dan tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang diterapkan dalam pengajaran Al-Qur’an Hadits, untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam pelaksanaan metode bervariasi terhadap prestasi belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh metode bervariasi dalam pengajaran Al-Qur’ah Hadits terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Ini dilakukan karena sesuai dengan survei yang dilakukan memerlukan ketajaman dan kecermatan dalam mengamati masalah yang diteliti. Disamping itu dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, angket, interview dan dokumentasi. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, disini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data.
Metode adalah alat dalam pengajaran, penggunaannya harus dilakukan semaksimal mungkin dalam proses belajar mengajar, dan hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan metode bervariasi dalam peningkatan prestasi belajar siswa di MTs Negeri Turen. 2) Pengaruh metode pengajaran yang bervariasi terhadap prestasi belajar siswa di MTsN Turen Malang dangat membawa pengaruh yang positif bagi anak didiknya dan dapat dikategorikan cukup baik dalam memenuhi tujuan pembelajaran.

0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates