Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Pengaruh Penggunaan Pembelajaran

PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN DALAM PROSES PENYAMPAIAN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP

ABSTRAK

PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN DALAM PROSES PENYAMPAIAN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP KARTIKA V-9 MALANG

Nama : Uud Awaludin
NIM : 01110016
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Pendidikan Islam
Dosen Pembimbing : Prof. Dr. H. M. Djunaidi Ghony
Kata Kunci : Penggunaan Media, Proses Penyampaian, Motivasi belajar

Dalam menyampaikan pesan pendidikan agama diperlukan media pembelajaran. Media pendidikan agama adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan pendidikan agama dari pengirim pesan dalam hal ini adalah seorang guru kepada siswanya, agar dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, minat serta motivasi belajar siswa sehingga terlaksananya proses belajar mengajar khususnya pendidikan agama. Bertolak dari latar belakang tersebut penulis bermaksud mengadakan penelitian pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam proses penyampaian pendidikan agama Islam di SMP Kartika V-9 Malang dengan rumusan masalah : Apa saja jenis media pembelajaran yang digunakan oleh SMP Kartika V-9 Malang, adakah kriteria penggunaan media pembelajaran di SMP Kartika V-9 Malang, bagaimana pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam di SMP Kartika V-9 Malang.
Dan tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan atau penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis media pembelajaran yang telah digunakan oleh SMP Kartika V-9 Malang, mengetahui secara jelas kriteria penggunaan media pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran, mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar pendidikan Agama Islam.
Dengan menggunakan rumus Chi Kwadrat menunjukkan bahwa pengaruh panggunaan media pembelajaran pendidikan Islam terhadap motivasi belajar siswa di SMP Kartika V-9 Malang adalah penolakan terhadap hipotesis (Ho), yakni tidak adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam proses penyampaian pendidikan Islam terhadap motivasi belajar siswa sedangkan Ha diterima karena dalam penelitian ini terbukti bahwa adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam proses penyampaian pendidikan Islam terhadap motivasi belajar siswa di SMP Kartika V-9 Malang. Dan juga menunjukkan bahwa tingkat pengaruh penggunaan media pembelajaran pendidikan agama terhadap motivasi belajar di SMP Kartika V-9 Malang masuk dalam kategori (cukup) sesuai dengan nilai intepretasi artinya pengaruhnya cukup besar.



0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates