Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Korelasi Antara Motivasi Belajar

KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA di MAN 3 Malang

ABSTRAK


KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR
DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
di MAN 3 Malang


NAMA : Umi Kalsum
NIM : 99110938
Dosen Pembimbing : Drs. H. Mulydi, M.Pd.I.
NIP : 150 . 206 . 243


Kata kuncinya: Motivasi belajar dan Prestasi belajar siswa


Keberhasilan belajar sangat dipengaruh oleh motivasi. Dalam proses belajar mengajar motivasi merupakan masalah yang sangat penting dan syarat mutlak dalam belajar. Banyak bakat siswa yang tidak berkembang karena tidak diperoleh motivasi yang tepat. Motivasi adalah kondidsi-kondisi atau keadaan yang mengaktifkan atau memberi dorongan kepada makhluk-makhluk untuk bertingkah laku mencapai tujuan yang ditimbulkan oleh motivasi-motivasi tersebut. Motivasi dibagi menjadi dua 2 yaitu motivasi intirnsik (motivasi yang berasal dari dalam diri anak) dan motivasi ekstrinsik (motivasi yang berasal dari luar diri anak). Yang termasuk motivasi intrinsik adalah adanya kebutuhan, adanya pengetahuan tentang kemajuannya sendiri dan adanya aspirasi atau cita-cita. Sedangkan yang termasuk motivasi ekstrinsik adalah pujian, hukuman, hadiah, penghormatan, dan lain-lain. Penelitian yang berjudul “Korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa” ini akan mencoba meneliti apakah ada korelasi antara motivasi dengan prestasi belajar.
Ada tiga permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Bagiamanakah motivasii belajar siswa di MAN 3 Malang, bagaimanakah prestasi belajar siswa di MAN 3 Malang, dan apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di MAN 3 Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah motivasi belajar dan prestasi belajar siswa di MAN 3 Malang, serta apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa di MAN 3 Malang. Pembahasan ini diharapkan berguna sebagai informasi dan bahan pertimbangan bagi guru dalam memberikan motivasi pada siswa.
Untuk pengambilan data, dalam hal ini populasi yang diambil adalah siswa kelas 2 yang berjumlah 66 siswa yang terdiri dari dua kelas. Adapun untuk tehnik pengambilan data, peneliti menggunakan beberapa metode antara lain: observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul maka peneliti mulai menganalisa data, penganalisaan data untuk angket motivasi dan prestasi belajar siswa dalam mengukur validitas, peneliti menggunakan product moment dan untuk tidak terjadi over estiment (kelebihan bobot) dari angka tersebut dikorelasikan dengan tehnik korelasi Part Whole. Untuk reliabilitas peneliti menggunakan rumus Alpha cronbach, untuk mengetahui hubungan antara variable motivasi belaajr dan presatasi belajar maka peneliti menggunakan korelasi product moment dari pearson dengan bantuan SPSS seri 11 for Windows. Sedangkan untuk analisis data statistik digunakan rumus:

1. Prosentase
P =
2. Teknik Analisa Product Moment

Rxy =


Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa motivasi belajar siswa MAN 3 Malang didaptkan tiga kategori yakni; tinggi, sedang, rendah, yang mana pada kategori tinggi terdapat 34 siswa atau 51.1% , pada kategori sedang sebanyak 24 siswa atau 36.4% dan pada kategori rendah sebanyak 8 siswa atau 12.1%. Untuk prestasi belajar siswa didaptkan hasil untuk kategori tinggi sebanyak 5 siswa atau 7.6%, pada kategori sedang sebanyak 39 siswa atau 59,1%, dan pada kategori rendah sebanyak 22 siswa atau 33.3%. dari hasil diatas didaptkan sebesar r = 0, 273 jika dikonsultasikan dengan harga table tarah signifikansi 5 % untuk jumlah subjek 66 siswa adalah 0,273 sehingga rhitung > rtable (0,273 > 0,238) yang membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Dari hasil diatas maka untuk meningkatkan motivasi siswa hendaknya dibantu oleh lingkungan sekitar, baik orang tua dan masyarakat, serta guru agar siswa dapat mencapai prestasi yang baik serta mampu menghadapi tantangan pada era globalisasi saat ini.


0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates