Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan

Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa di SMPN 1 Ngoro Mojokerto. Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Malang.

Abstrak

Afriza, Yendra. 2006. Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa di SMPN 1 Ngoro Mojokerto. Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Malang.
Dosen Pembimbing: Drs. Nur Ali Rahman M. Pd

Kata kunci : pengelolaan kelas, kemampuan belajar

Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat dua hal yang turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar, yaitu pengelolaan kelas dan pengajaran itu sendiri. Kedua hal itu saling tergantung. Siswa dapat belajar dengan baik, dalam suasana yang wajar tanpa tekanan dan dalam kondisi yang merangsang untuk belajar. Untuk menciptakan suasana yang menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan prestasi belajar siswa, dan lebih memungkinkan guru memberikan bimbingan terhadap siswa dalam belajar, diperlukan pengelolaan kelas yang memadai. Maka dari itulah, peneliti tertarik untuk mengambil judul penelitian tentang, pengelolaan kelas dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa di SMPN 1 Ngoro Mojokerto.
Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pengelolaan kelas yang efektif ditinjau dari segi pengelolaan ruangan. 2) Mendeskripsikan pengelolaan kelas yang efektif ditinjau dari segi pegelolaan siswa. 3) Mendeskripsikan keadaan sarana dan prasarana di SMPN 1 Ngoro dalam kaitannya dengan pengelolaan kelas. Agar tujuan tersebut tercapai, maka peneliti menggunakan pendekatan literatur dan kajian empiris/penelitian lapangan.
Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dimana data yang telah dihasilkan baik secara teoritis maupun empiris disajikan dalam bentuk kata-kata atau kalimat secara benar dan jelas sesuai dengan proses yang terjadi di lapangan. Adapun yang menjadi subyek penelitian skripsi ini adalah: kepsek, waka kesiswaan, waka sarana prasarana, wali kelas II dan III. Penelitian metode kualitatif dengan jenis studi kasus ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu: 1) Wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengelolaan fisik kelas di SMPN 1 Ngoro Mojokerto tergantung dari wali kelas dan siswanya. Kebersihan dan keindahan kelas diatur oleh wali kelas dengan siswa yang menjadi petugasnya dari jadwal piket yang sudah dibentuk. Dilihat dari besar kecilnya ukuran kelas, ruang kelas di SMPN 1 Ngoro ideal dengan jumlah siswa yang menempatinya. 2) Pengelolaan kelas ditinjau dari segi pengelolaan siswa yang ada di SMPN 1 Ngoro Mojokerto, melalui pembentukan organisasi dan tata tertib kelas. 3) Keadaan sarana dan prasarana di SMPN 1 Ngoro dalam kaitannya dengan pengelolaan kelas sangat mendukung sekali. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan lebih lanjut sebagai masukan yang mungkin dapat berguna bagi SMPN 1 Ngoro Mojokerto, yaitu untuk menjaga dan meningkatkan mutu pengelolaan kelas yang baik, pihak sekolah perlu menumbuhkan persaingan atau kompetisi yang sehat dengan mengadakan kegiatan yang mendukung terciptanya kondisi atau keadaan kelas yang kondusif seperti perlombaan antar kelas, dan lainnya.


0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates