Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

pelaksanaan kegiatan ekstra

pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler dalam meningkatkan keberhasilan pendidikan agama islam di MAN Malang I

ABSTRAK
Fitria Sari, Yuli, 2006. pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler dalam meningkatkan keberhasilan pendidikan agama islam di MAN Malang I. Skripsi, jurusan pendidikan agama islam, fakultas tarbiyah, universitas islam negeri malang.
Pembimbing: Muhammad asrori alfa, M.Ag

Kata Kunci: Kegiatan Ekstra Kurikuler, Keberhasilan Pendidikan Agama Islam.

Pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler sangat membantu dalam meningkatkan pengetahuan siswa khususnya dalam bidang pendidikan agama islam. Dengan adanya pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler sebagai kegiatan tambahan, maka siswa mempunyai bekal yang ukup untuk membentengi dirinya dari berbagai pengaruh negatif.
Kekurangan jam pelajaran serta terbatasnya materi pendidikan agam islam yang diberikan dianggap sebagai penyebeb utama timbulnya para pelajar dalam memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agama islam.
Pada dasarnya kegiatan ekstra kurikuler dalam dunia sekolah ditujukan untuk menggali dan memotivasi siswa dalam bidang tertentu. Dalam hal ini kegiatan ekstra kurikuler bertujuan untuk membantu dan meningkatkan pengembangan wawasan anak didik khusus dalam bidang pendidikan agama islam.
Disamping itu, pembahasan skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk memperoleh data dengan menggunakan pengumpulan data yang meliputi metode observasi, interview, dokumentasi dengan jumlah sampel 25 orang siswa, yang sebagian aktif dalam kegiatan ekstra kurikuler keagamaan ditambah Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Guru Bidang Studi Pendidikan Agama Islam, Pengurus Kegiatan Ekstra Kurikuler Keagamaan, Pembina Kegiatan Ekstra Kurikuler Keagamaan, sehingga berjumlah 30 orang.
Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan di MAN Malang I, dalam pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler yang bernuansa keagamaan ini ada berbagai macam kegiatan diantaranya: qiro’ah, shalawat, kajian islami, shalat dhuhur berjama’ah, shalat dhuha, pondok ramadhan dan lain-lain.
Berpijak dari hal diatas, maka skripsi ini mengkaji tentang “Pelaksanaan Kegiatan Ekstra Kurikuler Dalam Meningkatkan Keberhasilan Pendidikan Agama Islam di MAN Malang 1” dengan tujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan, usaha-usaha yang dilakukan, faktor yang menunjang dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler di MAN Malang 1.
Dari hasil penelitian dan didukung oleh beberapa kajian teori dalam penulisasn skiripsi ini, maka dapat ditari kesimpulan bahwa kegiatan ekstra kurikuler yang bernuansa keagamaan benyak memberikan dampak kualitas keberagamaan terhadap civitas sekolah. Guru dan siswa secara aktif menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran beragama.
Dalam skripsi ini, penulis akhiri dengan beberapa kesimpulan dan saran yang ditujukan kepada pengurus dan Pembina kegiatan ekstra kurikuler keagamaan, kepala sekolah, serta guru-guru yang lain agar melalui kegiatan ekstra kurikuler keagamaan ini dapat lebih meningkatkan keberhasilan Pendidikan Agama Islam.


0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates