RELEVANSI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN TRADISIONAL DALAM ERA MODERNISASI
(Studi Kasus Ponpes Mamba'ul Hikam Mantenan, Udanawu, Blitar
DAFTAR ISI
Halaman Judul i
Halaman Persetujuan ii
Halaman Motto iii
Halaman Persembahan iv
Daftar Isi v
Daftar Tabel vii
Kata Pengantar viii
Abstraksi x
BAB I PENDAHULUAN 1
a. Latar Belakang Masalah 1
b. Rumusan Masalah 5
c. Tujuan Penelitian 6
d. Kegunaan Penelitian 6
e. Penegasan Istilah 6
f. Sistematika Pembahasan 7
BAB II KAJIAN TEORITIS 10
A. Sistem Pendidikan Pesantren 10
1. Pengertian dan Pola Umum Pesantren 10
2. Sejarah Pesantren 13
3. Sistem Pendidikan dan Pengajaran Pesantren 16
B. Pendidikan Ponpes Di Era Modernisasi 24
1. Pengertian Pendidikan dan Modernisasi 24
2. Sejarah Modernisasi 27
3. Akibat-akibat Modernisasi 30
C. Relevansi Pendidikan Pesantren Dalam Era Modern 32
1. Pendidikan Pesantren dan Modernisasi Pendidikan 32
2. Pesantren Dan Era Modern 36
3. Respon Pesantren Terhadap Modernisasi 37
BAB III. METODE PENELITIAN 40
A. Pendekatan dan Jenis Penelitian 40
B. Kehadiran Peneliti 41
C. Data dan Sumber Data 41
D. Prosedur Pengumpulan Data 42
E. Analisis Data 43
F. Pengecekan Keabsahan Data 44
G. Tahap-tahap Penelitian 45
BAB IV. HASIL PENELITIAN 45
A. Paparan Data Dan Hasil Penelitian 45
1. Sejarah Pesantren Mamba'ul Hikam 45
2. Kepemimpinan Kyai di Pesantren Mamba'ul Hikam 53
3. Sistem Pendidikan dan Pengajaran Pesantren Mamba'ul Hikam 61
4. Kurikulum Pendidikan Pesantren Mamba'ul Hikam 74
B. Penyajian Dan Analisis Data 79
1. Relevansi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional Dalam Era Modernisasi 79
2. Pengembangan Pesantren Tradisional di Masa Depan 87
BAB V. PENUTUP 91
A. Kesimpulan 91
B. Saran-saran 93
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Label: Skripsi Pendidikan