Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Strategi Pembelajaran Al-Qur’an

Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri di Pesantren Ilmu Al-Qur’an

ABSTRAKSI

Nurul Huda, Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri di Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PIQ) Singosari Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Abdul Aziz, M. Pd.

Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Kualitas Bacaan Al-Qur’an, Pesantren Ilmu Al-Qur’an

Pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Agar pembelajaran lebih efektif dan efisien serta mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai, perlu adanya strategi pembelajaran yang disusun oleh guru. Secara sederhana strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai taktik atau garis-garis besar haluan yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar agar dapat mempengaruhi peserta didik (santri) sehingga tercapai sasaran dan tujuan pembelajaran. Strategi tersebut harus terdiri dari langkah-langkah yang tersusun secara terencana dan sistematis dengan menggunakan metode dan teknik tertentu. Penggunaan strategi dalam pembelajaran dimaksudkan agar pelajaran itu dapat ditangkap, dipahami dan digunakan oleh siswa dengan baik, karena dengan cara seperti itulah akan dicapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Berangakat dari latar belakang seperti itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul “strategi pembelajaran al-qur’an dalam meningkatkatkan kualitas bacaan al-qur’an di Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PIQ) Singosari Malang”.
Persoalaannya adalah apakah lembaga pendidikan telah menarapkan strategi dalam pembelajaran? Dan yang menjadi fokus dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran Al-Qur’an di PIQ Singosari Malang?; (2) Bagaimana kualitas bacaan Al-Qur’an santri PIQ Singosari Malang?; (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an di PIQ Singosari. Malang?
Maka dari itu jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi, observasi dan interview. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasi data-data yang telah didapat, sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Dan analisis deskriptif kuantitatif untuk data-data yang bersifat kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah tehnik analisis data prosentase dengan rumus sebagai berikut:

Keterangan: P= Proporsi/prosentase
F= Frekuensi yang sedang dicari
N= Jumlah responden
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas bacaan al-qur’an santri di PIQ Singosari menunjukkan dilaksanakan dengan baik, karena didukung oleh beberapa faktor pendukung, terlebih lagi oleh figur pengasuh KH. M. Basori Alwi yang ahli dalam bidang pembelajaran al-qur’an, program pendidikan yang sudah diterapkan sejak pesantren ini didirikan, guru yang berpengalaman dan semangat santri untuk belajar serta lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran al-Qur’an di PIQ Singosari Malang adalah masa belajar santri yang relatif pendek, dan kurangnya pengembangan kurikulum serta minimnya dana oprasional. Oleh sebab kualitas bacaan al-qur’an santri PIQ Singosari Malang bervariatif. Namun sebagian besar dari santri menunjukkan bahwa bacaan meraka sangat baik
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan masukan bagi pengelola lembaga pendidikan yang beorientasi terhadap pembelajaran Al-Qur’an.


0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates