Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Tingkat Daya Serap Siswa terhadap PAI

Tingkat Daya Serap Siswa terhadap Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri


ABSTRAK
Rohani, Fatma, 2006, Tingkat Daya Serap Siswa terhadap Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Batu, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Malang. Dosen Pembimbing: Drs. H. Su’aib H. Muhammad M.Ag

Dalam mewujudkan bangsa yang berkualitas pendidikan mempunyai peranan yang strategis. Kualitas suatu bangsa ditentukan oleh kualitas pendidikannya. Pendidikan diharapkan mampu untuk menghasilkan manusia-manusia berkualitas berkompetensi dan dapat bersaing dengan bangsa lain.
Pendidikan Agama Islam turut ambil bagian dalam mencetak manusia yang bertakwa, berkualitas baik jasmani maupun rohani dan mempunyai spirit keagamaan yang tinggi. Oleh karenanya dalam rangka membangun manusia yang berkualitas (Menguasai IPTEK) harus di tunjang dan didasari dengan kualitas (IMTAK) yang tinggi. Sehingga nantinya dapat terwujud suatu bangsa yang berkualitas baik menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi maupun manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.
Lembaga pendidikan dalam mewujudkan bangsa yang berkualitas mempunyai tugas yang berat untuk mewujudkannya. Untuk mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam perlulah suatu usaha yang berkesinambungan. Penyelenggaraan dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat terus di inovasi dengan mangadakan evaluasi Daya Serap Siswa terhadap Pendidikan Agama Islam.
Daya Serap Siswa yang baik terhadap Pendidikan Agama Islam dapat menjadi tolak ukur suatu keberhasilan penyelenggaraan dan pembelajaran Pendidikan Agam Islam di Sekolah. Tingkat Daya Serap Siswa terhadap Pendidikan Agama Islam dapat terus ditingkatkan dengan berbagai cara. Dalam pembelajaran untuk meningkatkan Daya Serap Siswa dapat menerapkan berbagai Metode diiringi dengan penggunaan Media pembelajaran. Selain penerapan Metode atau Media pembelajaran Daya Serap Siswa dapat ditingkatkan dengan terus meningkatkan faktor-faktor penunjang dan menekan seminimal mungkin faktor penghambat yang dapat mempengaruhi Daya Serap Siswa terhadap Pendidikan Agama Islam.
Berdasarkan pemikiran tersebut penelitian ini bertujuan untuk mngetahui: 1) Tingkat daya serap siswa terhadap pendidikan agama islam di smp negeri 3 batu; 2) Upaya peningkatan daya serap siswa dengan penerapan metode dan media pembelajaran di smp negeri 3 batu; dan 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat daya serap siswa terhadap pendidikan agama islam di smp negeri 3 batu.
Kemudian dalam memperoleh data-data tersebut penulis menggunakan metode angket, interview dan dokumentasi. Jenis penelitian ini termasuk penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian diskriptif kualitatif. Sebagai analisa data dalam penelitian ini adalah paparan data dan dideskripsikan dalam bentuk kata-kata disertai dengan data kuantitatif sebagai penunjang

Dengan menggunakan teknik prosentase tersebut adalah bertujuan untuk menggambarkan dari keadaan atau fenomena (situasi/ kondisi) yang ada di lapangan dengan mendeskripsikan rumusan masalah dengan menggambarkan dengan kata-kata yang mudah dipahami. adapum analisa yang dipakai peneliti untuk menganalisa data dari angket menggunakan teknik prosentase dengan rumus:
F
P= -------- X 100%
N

Dari hasil penelitian penulis, berdasarkan fakta dilapangan dapat disimpulkan bahwa: Tingkat Daya Serap Siswa terhadap Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Batu tergolong tinggi. Hal tersebut dapat di lihat ketika pembelajaran Pendidikan Agam Islam di kelas dengan menerapkan berbagai metode dan media belajar oleh Guru PAI. Selain itu tingginya Tingkat Daya Serap Siswa dapat dilihat dengan membandingkan prestasi sebelum penerapan metode dan media yang monoton dan setelah penerapan metode dan media pembelajaran dengan melakuan fariasi oleh Guru PAI.
Dengan demikian berdasarkan peningkatan Daya Serap Siswa pada meningkatnya prestasi siswa terbukti bahwa penerapan metode dan media pembelajaran dalam PAI atau Upaya peningkatan Daya Serap Siswa dengan penerapan metode dan penggunaan media pembelajaran terbukti telah berhasil.
Keberhasilan tersebut tidak dapat dilepaskan dari pengaruh faktor-faktor pendukung yaitu suasana kelas atau lingkungan sekolah yang kondusif, kesehatan jasmani, tata letak tempat duduk siswa yang tepat, intelegensi yang cukup tinggi dan motivasi yang tinggi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Selain faktor pendukung perlulah mengetahui faktor yang dapat menjadi penghambat Daya Serap Siswa terhadap Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Batu, yaitu: kesehatan yang menurun sehingga berimbas pada menurunnya kecerdasan dan motivasi belajar dan pada akhirnya menyebabkan lingkungan belajar yang tidak kondusif.

0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates