Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Upaya Guru Dalam Pembinaan

Upaya Guru Dalam Pembinaan Kepribadian Siswa Yang Islami


ABSTRAK

Makhroji, Upaya Guru Dalam Pembinaan Kepribadian Siswa Yang Islami Di MA Al-Yasini, Areng-Areng, Wonorejo, Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Malang (UIN) Malang. Drs. H. Djumransjah, M.Ed.

Skripsi ini membahas “Upaya Guru Dalam Pembinaan Kepribadian Siswa yang Islami Di MA Al-Yasini, Areng-Areng, Wonorejo, Pasuruan”. Persoalan ini dibahas karena sebagai lembaga pendidikan yang berciri khas Agama Islam permasalahan yang dihadapi oleh Madrasah Aliyah tidak jauh berbeda dengan permasalahan yang dihadapi oleh SMU (Sekolah Menengah Umum) utamanya berkaitan dengan kenakalan siswanya yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
Hal ini merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh guru, khususnya guru di madrasah dikarenakan karakteristik pendidikan di madrasah yang mementingkan pembinaan jiwa agama dan akhlak siswa untuk itulah kepala sekolah dan semua guru MA Al-Yasini, Areng-Areng, Wonorejo, Pasuruan perlu melakukan upaya dalam pembinaan kepribadian siswa yang islami di MA Al-Yasini, Areng-Areng, Wonorejo, Pasuruan.
Atas dasar pemikiran diatas penelitian ini pada dasarnya dilakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan kepribadian Islami siswa dan untuk mengetahui upaya yang ditempuh dalam pembinaan kepribadian siswa yang Islami di MA Al-Yasini, Areng-Areng, Wonorejo, Pasuruan.
Populasi dari penelitian ini adalah MA Al-Yasini, Areng-Areng, Wonorejo, Pasuruan yang mempunyai seorang kepala sekolah, 9 guru agama dan 334 siswa, sedangkan yang diambil sebagai sampel sejumlah seorang kepala sekolah, 3 guru agama dan 50 orang siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: observasi, dokumenter, angket dan interview.
Dengan metode diatas diharapkan dapat memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian sehingga memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di MA Al-Yasini, Areng-Areng, Wonorejo, Pasuruan. Sedangkan analisa yang digunakan dalam peneliti ini menggunakan prosentase. Adapun rumusnya sebagai berikut:

Sesuai dengan hasil penelitian dengan metode penelitian dan analisa data seperti tersebut diatas, menghasilkan data bahwa hampir seluruhnya siswa MA Al-Yasini, Areng-Areng, Wonorejo, Pasuruan berkepribadian baik karena tidak pernah terjadi kasus-kasus yang menunjukkan adanya pelanggaran terhadap norma-norma agama seperti kasus narkoba, minuman keras dan tawuran antar siswa dan lain sebagainya. Adapun upaya yang dilakukan oleh lembaga sekolah tersebut ialah mengembangkan nilai-nilai keagamaan pada siswa dengan memberikan contoh yang kongkrit dalam berprilaku dan bertutur kata serta menjadikan sarana dan prasarana sebagai wahana dalam rangka mempraktekkan apa yang diberikan di kelas, memberikan kegiatan ekstrakurikuler seperti keagamaan, kepramukaan, PMR dan lain sebagainya serta mengadakan hubungan timbal balik dengan orang tua dalam memantau siswanya.
Upaya tersebut merupakan hal yang positif, guna menanggulangi kenakalan siswa yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain, sehingga sekolah yang berciri khas agama Islam itu benar-benar terwujud dan menjadi kebanggaan bagi suluruh umat Islam. Dan itulah suatu usaha yang tepat untuk menjadikan para siswa berkepribadian muslim.

Kata kunci: Guru, Kepribadian Siswa

0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates