Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Konsep Pemikiran Tony Buzan

Konsep Pemikiran Tony Buzan Terhadap Peran Orang Tua dalam Mengoptimalkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Anak


ABSTRAK

Rois Umar, Konsep Pemikiran Tony Buzan Terhadap Peran Orang Tua dalam Mengoptimalkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Anak. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Pembimbing, Drs. H. M. Djumransjah, M. Ed.

Adapaun masyarakat saat ini telah dikondisikan untuk meyakini bahwa keberhasilan anak-anak mereka adalah ketika mereka unggul dalam akademik, ber-IQ tinggi, mendapat nilai A, masuk ke sekolah favorit, kemudian diterima di perguruan tinggi yang terkenal, meraih gelar sarjana dan kemudian mendapatkan pekerjaan yang layak. Mereka (para orang tua) meyakini bahwa itu semua dapat menjamin kesuksesan dan kebahagiaan anak-anak mereka sepanjang hidupnya, padahal kenyataan yang tidak dapat dipungkiri, para profesional dan orang-orang sukses menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka ternyata memiliki IQ biasa-biasa saja. Kemudian saat ini kita juga merasakan adanya krisis dalam dunia pendidikan yang sangat membahayakan, melebihi krisis ekonomi, politik, dan krisis lainya. Krisis dalam pendidikan dapat kita baca dari fenomena bertumbuh kembangnya kecenderungan para pelajar untuk berbuat jahat dan kekerasan yang beragam bentuknya. Kenyataan yang demikian itu, tidak lain disebabkan karena diabaikannya aspek moralitas dan spiritualitas dalam mendidik anak.
Keberadaan orang tua (sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak) dalam memberikan pengasuhan dan pembimbingan sejak awal kehidupan anak, akan dapat membentuk karakter dan pola perilaku anak. Kondisi yang strategis demikian, hendaknya dimanfaatkan dengan baik oleh orang tua untuk membangun moralitas dan spiritualitas anak secara baik dan terarah. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Konsep Pemikiran Tony Buzan Terhadap Peran Orang Tua dalam Mengoptimalkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Anak.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui makna EQ dan SQ, untuk mengetahui bagaimana peran orang tua sebagai pendidik pertama dan utama dalam meningkatkan kecerdasan anak dan untuk mengetahui bagaimana konsep atau kiat menurut Tony Buzan dalam mengoptimalkan EQ dan SQ.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam upaya pengumpulan data, penulis menggunakan metode dokementasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis ini (content analysis) dengan beberapa pendekatan, yaitu induksi, deduksi dan komparasi guna menganalisa data primer, yaitu buku-buku Tony Buzan tentang kecerdasan emosional dan spiritual.
Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwa peran orang tua dalam mengoptimalkan EQ (yang meliputi kecerdasan pribadi/ intrapersonal dan sosial/ interpersonal) dan SQ anak (yang meliputi kecerdasan substansial/ makna dan eksistensial/ nilai) harus disertai dengan penguasaan orang tua tentang pemahaman dan kesadaran akan tanggung jawab pendidikan terhadap anak yang direspon dengan upaya yang gigih untuk terus belajar (belajar bagaimana mendidik) dan mampu memanajemen pendidikan anak dalam rumah secara baik dan benar, memahami potensi-potensi yang dimiliki anak (baik yang termasuk fisik-biologis maupun intelektual-psikologis) dan mampu menerapkan langkah/ kiat yang tepat guna mengoptimalkan potensi-potensi tersebut, dan memahami dan menguasai konsep tentang beberapa kecerdasan (dalam hal ini emosional dan spiritual) dan mampu menentukan dan memilih langkah tepat untuk meningkatkannya. Dan dalam mengoptimalkan EQ dan SQ anak, orang tua dapat menerapkan beberapa kiat yang harus dimulai dengan teladan orang tua dan pelatihan sedini mungkin. Adapun untuk menguatkan EQ anak, beberapa kegiatan yang dapat diterapkan (melalui teladan pelatihan) yaitu melatih berpikir positif (husnu al-zann), memahami fungsi otak kiri dan kanan serta melatih kedua belahan tersebut melalui beberapa latihan: percakapan pribadi untuk memilih langkah positif, menghargai diri sendiri, melatih multi-kecerdasan, menahan amarah, istirahat, mengungkapkan kasih sayang, jujur terhadap diri sendiri, berlatih meditasi, dokumentasi saat-saat indah dan puas, dan menikmati keheningan dengan melakukan kotemplasi. Kemudian melakukan penjelajahan diri dengan melakukan: menulis obituari sebagai landasan masa depan, membuat analisa diri (Mind Map), membuat Mind Map rincian rencana aktivitas, dan melatih imajinasi dengan menulis harapan masa depan ideal. Dan dalam upaya mengoptimalkan kecerdasan sosial dengan melakukan langkah-langkah dalam melakukan proses hubungan (interaksi sosial): memulai hubungan dengan (menunjukkan minat terhadap orang lain, memahami sandiwara, bermain dengan pertanyaan, belajar dari orang-orang besar, memperluas cakrawala sosial, mempelajari cerita rakyat, mengikuti berbagai kursus, dan berpenampilan yang berwibawa), selama berhubungan dengan (lebih banyak mendengar daripada bicara, memahami sisi baik orang lain, menemukan keistimewaan orang lain, mendapatkan dengan mudah apa yang diinginkan, mampu mengatasi konflik, dan mampu mengelola dan memimpin) dan mengakhiri hubungan dengan sikap terbaik dan seenak mungkin. Dan adapun langkah-langkah mengoptimalkan kecerdasan spiritual dengan memahami eksistensi diri dalam alam yang besar, menerapkan nilai hidup, memahami visi dan tujuan hidup, menebarkan kasih sayang, amal dan syukur, mampu melakukan dan memahami humor, berpenampilan selalu muda, menguatkan ritual, menebarkan kedamaian, dan mampu mencintai dan mendapatkan ketulusan cinta.
Bila masih ada kiat lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sini.

Kata Kunci: Tony Buzan, Orang Tua, EQ dan SQ Anak.


0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates