Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Upaya Pustakawan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa

ABSTRAK
M. FATCHULLOH ROZI. 2006. Fakultas Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam). Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: Sugeng Listyo P, M. Pd. Judul Skripsi Upaya Pustakawan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SMK PGRI Turen Malang
Perpustakaan merupakan sumber informasi dan ilmu pengetahuan. Mengingat begitu pentingnya keberadaan perpustakaan, maka perlulah kiranya adanya sarana perpustakaan di semua jenis dan jenjang pendidikan. Kemudian agar tujuan didirikanya perpustakaan sekolahan yang antara lain adalah agar tumbuh kecintaan terhadap membaca serta menenemkan minat dan kegemaran membaca, maka peyelenggaraan (pengelolaan) perpustakaan harus dilakukan secara sistematis dan profesional sesuai dengan pedoman penyelengganaan yang berlaku.
Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui secara jelas tentang keadaan perpustakaan di SMK PGRI Turen Malang. (2). Untuk mengetahui tentang upaya apa yang telah dilakukan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa SMK PGRI Turen Malang. (3). Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menambah perpustakan dalam upaya meningkatkan minat baca siswa di SMK Turen.
Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui (1). Wawancara (interview), (2). Pengamatan (obserfasi) dan (3). Dokumentsi. Penentuan informen dengan mengunakan tehnik purposif (bukn secara acak) artinya atas dasar apa yang diketahui tentang variasai-variasi/elemen yang ada sedang pengembangan sampel secara beranteng (senowball sampleng) suatu proses menyebarnya sampel yang pada mulanya kecil kemudian semakin membesar. Analisa data dilakukan dengan (1). Analisa selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan mengunakan data deskriptif melalui penalaran logika sistematis terhadap data yang berhubungn dengan persoaln. (2). analisa setelah pengumpulan data (keabsahan data) denagn mengunakan tehnik trianguasi sumber data artinya membadinka dan mengecek data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dengan iasi dokumen yang berkaitan.
Dari hasil penelitian di lapangan ditemukan bahwa: (1) Keadaan perpustakaan di SMK PGRI Turen Malang, pengaturan ruanga perpustakaan sangat baik, bersih, tenang serta dipadu dengan pencahayaan dan ventilasi serta sirkulasi udara yang cukup sehingga pengunjung akan merasa betah di dalamnya, fasilitas yang ada sudah memadahi terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang baik untuk pinjam buku maupun hanya sekedar baca-baca saja, penam bahan koleksi bukun yang sudah pernah dilakukan denbgan cara beli sendiri, sumbangan, dan membuat sendiri (2) Upaya perpustakaan dalam meningmkatkan minat baca siswa di SMK PGRI Turen Malang pada garis besarnya yaitu memberikan pelayanan yang terbaik pada pengunjung, mengadakan penembahan koleksi buku tiap tahun, pemperkenalkan buku-buku yang ada di perpustakaan (3) Faktor pendukung perpustakaan dalam upaya meningkatkan minat baca siswa adalah: adaya dana untuk penembahan buku walaopun nterbatas serta adaya kerja sama dari guru budang studi dan guru BP, sedangkan faktor-faktor penghambatnya adalah keterbatasan dana yang dimiliki, kesadaran untuk membaca kubrang, pengaruh teman lebih tinggi.
Bertolak dari penelitian ini, eberapa saran yang diperlukan dalam upaya meningkatkan minat baca siswa yang dilakukan oleh perpustakaan yakni penggatian rak buku yang sudah tidak layak pakai, penambahan fasilitas penunnjang, koleksi buku lebih ditingkatkan lagi dengan judul-judul terbaru yang lebih relefan, memberikan penyadaran kepada siswa betapa pentignya membaca, bagi para pustakawan lebih meningkatkan wawasan tentang perpustakaan.



0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates