Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Metode Pembelajaran Al-Qur’an

Metode Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Perkembangan Jiwa Keagamaan Anak


ABSTRAK

Nama : Siti Zahroh
Nim : 01110270
Fakultas/Jurusan : Tarbiyah/Pendidikan Agama Islam
Dosen Pembimbing : Prof. Dr. H. Muhaimin, MA
Metode Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Perkembangan Jiwa Keagamaan Anak
(Studi Kasus Di TPQ Nur Chasanah Gondang Legi Malang)


Kata Kunci: Metode Pembelajaran Al-Qur’an Dan Perkembangan Jiwa Keagamaan Anak

Salah satu aspek pendidikan Agama yang kurang mendapatkan perhatian adalah pendidikan membaca Al-qur’an. Pada umumnya orang tua lebih menitik beratkan pada pendidikan umum sehingga banyak anak muslim yang belum bisa membaca dan menulis al-qur’an. Sebagai langkah awal adalah meletakkan dasar agama yang kuat pada anak sebagai persiapan untuk mengarungi hidup dan kehidupannya kelak. Sebagai mana kata “pepetah belajar diwaktu kecil bagaikan mengukir di atas batu, belajar sesudah dewasa bagaikan mengukir di atas air”. Berbijak dari problem tersebut, para pengajar al-qur’an harus mencari jalan keluar atau pemacahannya. Salah satunya adalah menggunakan metode-metode yang menarik.dan midah dipahami sehingga anak-anak dan orang tua tertarik untuk belajar dan memasukkan anak-anaknya dilembaga pendidikan al-qur’an. Namun sejauh penulis ketahui bahwa masih perlu adanya peningkatan mutu dari pendidikan Al-Qur’an tersebut. Dari permasalahan tersebut, maka dalam skripsi ini penulis membahas metode pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan perkembangan jiwa keagamaan anak di TPQ Nur Chasanah Gondang Legi Malang. Mengingat anak-anak merupakan harapan dari orang tua, masyarakat, agama, dan juga bangsa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi tiga hal yaitu bagaimana metode yang diterapkan di TPQ Nur Chasanah Gondang Legi Malang, Usaha-usaha yang dilakukan serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan perkembangan jiwa keagamaan anak di TPQ Nur Chasanah Gondang Legi Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan di TPQ Nur Chasanah Gondang Legi Malang, mendeskripsikan usaha-usaha dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan perkembangan jiwa keagamaan anak di TPQ Nur Chasanah Gondang Legi Malang.
Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan metode analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian yang diuraikan dalam bentuk metode analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang diperoleh dari penelitian lapangan dideskripsikan dalam bentuk redaksi dan tidak diolah dalam bentuk bilangan statistik. Penggunaan metode tersebut diharapkan dapat mengungkapkan permaslahan yang terjadi sekaligus menjadi tolak ukur dalam penyusunan skripsi ini.
Dari hasil analisis tersebut dapat di ketahui bahwa metode pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Nur Chasanah Gondang Legi Malang yang diterapkan adalah metode Qiro'ati yang didukung dengan Iqro', pembiasaan, ketauladanan, latihan, hafalan, dan pemberian tugas, serta bermain, cerita dan menyanyi (BCM). Kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari lulusan santri yang mampu membaca dan menulis Al-qur'an serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Usaha-usaha yang dilakukan para pembina dalam meningkatkan perkembangan jiwa keagamaan anak melalui pembelajaran Al-Qur'an adalah sebagai berikut: Bagi guru, diantaranya: meningkatkan kualitas guru, rapat dengan para guru, penambahan pendapatan dana. Bagi santri diantaranya: mengikut sertakan santri dalam kegiatan-kegiatan keagamaan, membimbing anak dengan bacaan-bacaan Islami, menanamkan kebiasaan-kebiasaan beribadah, mengadakan kegiatan ekstra, seperti Qiro'ah, kaligrafi, dan PHBI, menanamkan dasar-dasar agama melalui materi-materi sebagai berikut yakni Aqidah, akhlaq, tauhid, tarikh, dan sebagainya, memberikan contoh yang baik bagi santri, penambahan jam pelajaran. Sedangkan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan jiwa keagamaan anak. Faktor pendukung antara lain: adanya sarana dan prasarana yang memadai, adanya kebersamaan antar guru, adanya antusias santri, adanya bahan atau materi penunjang, adanya kegiatan-kegiatan ekstra. Faktor penghambat antara lain: kurang disiplin baik guru maupun santri, kurang perhatian dan kerjasama dari sebagian wali santri, keterbatasan waktu, keterbatasan media ajar, kurangnya pengetahuan psikologi anak, keterbatasan dana.
Setelah melihat hasil analisis tersebut, maka penulis memberikan saran sebagai berikut:Kegiatan belajar mengajar sudah berjalan dengan baik, terutama dalam hal baca tulis Al-Qur'an, akan tetapi hal tersebut perlu ditingkatkan dengan pemahaman dan implementasi nilai-nilai agama, sesuai dengan tujuan yang diharapkan serta tuntutan dan kemajuan zaman. Usaha-usaha yang dilakukan oleh guru memang sudah baik akan tetapi perlu adanya tambahan kegiatan ekstra diantaranya diadakannya lomba-lomba dan festival yang bukan hanya dari kalangan Santri TPQ Nur Chasanah saja akan tetapi dengan daerah-daerah yang lain misalnya se-kabupaten malang, kedisplinan santri dan guru harus ditingkatkan lagi, perlu adanya pertemuan antara guru dan wali santri agar mengetahui perkembangan anak tersebut, sehingga orang tua termotivasi untuk membina anak di rumah. Guru harus lebih bisa memanfaatkan waktu dengan baik agar tujuan yang ada dapat tercapai dengan efektif dan efesien. Dalam hal media perlu adanya peningkatan sehingga anak dapat lebih kreatif dan inovatif dalam belajar. Guru harus lebih mempunyai rasa ikhlas dan besar hati dalam membimbing dan membina anak. Dan bagi kepala TPQ Nur Chasanah Gondang Legi Malang harus lebih bisa memenej keuangan sehingga TPQ Nur Chasanah Gondang Legi Malang lebih maju dan kegiatannya berjalan dengan baik. Untuk peneliti selanjutnya disarankan agar lebih menfokuskan pada manajemen TPQ Nur Chasanah Gondang Legi Malang


0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates