Edit Me...

Edit Me...

Untuk Ikhwan dan Akhwat kalau Minat file Skipsi mohon untuk mengirimkan Judul Dan Abstraknya ke alamat Imail: linafsi@yahoo.co.id

Ads

Pembelajaran Bahasa Arab

Pembelajaran Bahasa Arab dalam Membentuk Bi'ah al-'Arabiyah di Ma'had Sunan Ampel al-'Ali UIN Malang

ABSRAK

Shofiyah, Siti. 2005. Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab dalam Membentuk Bi'ah al-'Arabiyah di Ma'had Sunan Ampel al-'Ali UIN Malang Periode 2004-2005 Skripsi. Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Malng (UIN) Malang. Dosen Pembimbing: Dra. Hj. Sulalah, M. Ag.

Di zaman era globalisasi dan kemajuan ilmu pengetahua serta teknologi yang semakin pesat, secara langsung maupun tidak langsung dalam dunia pendidikan akan mendapatkan pengaruh yang bersifat positif dan negative. Untuk menjawab semua tantagan ini dibutuhkan keahlian berbahasa asing sebagai literature-literatur dalam dunia pendidikan guna menambah wawasan keilmuan yang ada.
Ma'had Sunan Ampel al-Ali UIN Malang yang terletak di Jl. Gajayana No. 50 UIN Malang merupakan salah satu kampus islam yang siap mengahadapi tantangan zaman. Dengan keberadaan Ma'had Sunan Ampel al-Ali UIN Malang yang di jadikan asumsi an tujuan utama dalam hal pembentukan lingkungan bahasa atau Milieu Bahasa (Bi'ah Lughowiyah) diharapkan mampu bersaing dengan dunia globalisasi. Dengan melalui berbagai macam usaha yang dilakukan oleh Ma'had Sunan Ampel al-Ali UIN Malang guna menciptakan lingkungan bahasa sebagaimana yang di cita-citakan oleh pihak akademik. Namun dalam perjalanan untuk mencapai apa yang di cita-citakan terlalu banyak mengalami hambatan. Berawal dari pemikiran tersebut maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang: "EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MEMBENTUK BI'AH AL-'ARABIYAH DI MA'HAD SUNAN AMPEL AL-'ALI UIN MALANG PERIODE 2004-2005".
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini antara lain: (1) usaha-usaha apa yang dilakukan oleh Ma'had Sunan Ampel al-Ali dalam mengefektifkan pembelajaran bahasa arab, (2) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dalam membentuk lingkungan yang berbahasa arab (Bi'ah al-Lughah al-'Arabiyah) di Ma'had Sunan Ampel al-Ali, (3) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh Ma'had Sunan Ampel al-Ali dalam membentuk lingkungan yang Berbahasa Arab (Bi'ah al-Lughah al-'Arabiyah).
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi dari penelitian seluruh mahasantri, para pengasuh, murabby/ ah, dan musyrif/ ah, dengan sample 1 dewan pengasuh, 1 murabby/ ah, 2 orang musyrif/ ah, dan maha santri dengan rincian 40 santri putra dan 60 santri putrid. Dengan jumlah itu peneliti sudah menganggap representative untuk melakukan penelitian. Dan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, interview, dan anket, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan rumus : P = F/ N x 100 %
P = Prose Jawaban
F = Frekwensi Jawaban
N = Jumlah Sampel/ Responden
Adapun dari analisis data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) usaha-usaha yang dilakukan selama ini dalam mengefektifkan pembelajaran bahasa arab Ma'had Sunan Ampel al-Ali UIN Malang, yakni: -adanya yaum al-'araby, - shabah al-lughah, study club pada masing-masing mabna. 2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam membentuk bi'ah al-'arabiyah yakni, penempelan mufradat pada tempat-tempat yang strategis, membuat papan yang bertuliskan/ berlafdzkan bahasa arab agar lebih mudah diingat, serta kendala-kendala yang dihadapi Ma'had Sunan Ampel al-Ali UIN Malang adalah: kemampuan serta basic santri yang berbeda-beda, tidak adanya klasifikasi kelas yang sesuai dengan kemampuan santri, minimnya fasilitas/ sarana dan prasarana, kompetensi musyrif/ ah yang tidak semuanya mampu berbahasa arab, dan yang terakhir kurikulum serta manajemen yang ada belum tersusun secara rapi.
Demikian sekilas yang penulis paparkan dari hasil penelitian berjudul: " Efektifitas Pembelajaran Bahasa Arab dalam Membentuk Bi'ah al-'Arabiyah di Ma'had Sunan Ampel al-Ali UIN Malang Periode 2004-2005


0 Comments:

Post a Comment



Judul Skripsi © 2009. design by : Yanku Template | Sponsored by : Tutorial87 / Commentcute / Blogger Templates